-->

2 Cara mudah membuat palet warna untuk inkscape dan gimp

Halo semuanya.

Pada artikel kali ini saya akan membahas cara membuat palet warna untuk inkscape dan gimp:

1. Cara Pertama

a. Buka aplikasi pengedit gambar bebas (disini saya menggunakan inkscape), apabila anda belum puya aplikasi inkscape anda bisa download dengan link berikut ini:

- 32 bit : klik disini
- 64 bit : klik disini
- web resmi inkscape.org


b. kemudian buat shape bebas dan berikan warna pada menu 'fill and stroke' atau klik (shift+ctrl+f)


c. kemudian berikan warna sesuai selera


4. kemudian pada menu 'fill and stroke' terdapat kolom 'R,G,B', pada kolom tersebut kopi kode warnanya.

5. Buka notepad / texteditor lainnya, lalu ketik "GIMP Palette Name: [title] #" seperti berikut:


6. Selanjutnya kopi kode warna yang telah disalin tadi dengan format "R G B [title]", contoh "220 155 117 [judul warna]" atau dapat lihat gambar berikut:


7. Apabila sudah selesai tinggal 'save as' pada kolom 'type' pilih 'all files', dan unutk penamaannya diakhiri dengan '.gpl'. Contoh 'awokawok.gpl' atau dapat lihat gambar berikut:


8. Selesai.
2. Cara Kedua

a. Buka aplikasi inkscape
b. Kemudian pilih 'rectangles' tool, dan buat persegi (sesuaikan dengan jumlah warna yang anda inginkan)

c. Kemudian berikan warna pada setiap persegi tadi seperti gambar berikut:


d. apabila sudah diberiwarna, tinggal menghilangkan warna bordernya



e. klik save as pilih format (gpl) gimp palette


Itu tadi adalah langkah membuat palet warna sendiri pada aplikasi inkscape dan gim. Masih belum paham, bisa cek video berikut:


Apabila kalian ingin file palet warnanya, bisa klik link berikut: Palet 1, Palet 2

Akhirnya cerita saya berakhir disini dulu, sebelum meninggalkan blog saya jangan lupa follow, like dan subscribe blog saya ya.

Sekian dari saya dan terima kasih.

Share :Wa FbTwLkTgTmPr Ln

Related Post:

x
Catatan, halaman web ini memakai cookies. Lihat info. Baiklah